Kamis, 28 Oktober 2010

Cerpen

Yang kita bahas kali ini adalah cerpen.

Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek. Cerpen yaitu cerita yang menyelesaikan persoalan dalam ceritas tersebut sampai selesai. Cerpen biasanya ditulis minimal 5000 kata , maksimal 8000 kata. Pada awal cerpen adalah opening yang harus ditulis dengan menarik dan mudah dimengerti agar para membacanya berminat untuk membaca, kemudian ceritakan permasalahan yang terjadi.  Pada akhir cerita selasaikan masalah yang terjadi itu dan jangan lupa berikan kajutan, maka para pambaca akan menyukainya.

Sebelum menulis cerpen tentu kita membutuhkan inspirasi.  Inspirasi atau ide untuk cerpen dapat kita ambil dari banyak hal yang permnah kita alami.  Segala hal di semesta ini dapat dijadikan inspirasi.  Saat kita menulis maka yang dibutuhkan adalah kreatifitas, cerita itu dapat menciptakan sesuatu yang tak ada menjadi ada dan nyata.

Setiap orang tentu memiliki keunukan tersendiri dalam menciptakan suatu karya.  Tentunya pengarang harus punya wawasan yang luas mengenai berbagai hal, terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan cerita yang ia buat.  Pengarang juga harus bisa mengolah kata-kata yang akan ia digunakan dalam cerita agar bisa menjadi kalimat yang menarik. Dan terakhir penulis harus punya daya inajinasi, agar karya yang ditulis jadi hidup dan menarik..

So, ayo coba buat, entar aku kasi lagi tambahan keterangan tentang cerpen... :>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar